Wednesday 30 July 2008

Merge pada 3D Studio Max

Dua hari yang lalu, ada seorang mahasiswa saya menghubungi saya via telepon. Dia bertanya agaimana cara meng-copy objek kursi yang sudah dia buat di file lain ke dalam file ruangan yang sedang dia buat. Secara max tidak bisa membuka dua windows secara bersamaan, sehingga merasa kesulitan saat ingin meng-copy objek tersebut.

Bagi mereka yang sudah memiliki jam terbang cukup di 3D Studio Max (3DS) mungkin menganggap kasus ini adalah kasus yang sangat sederhana dan sangat mendasar. Tapi bagi mereka yang baru "memegang" 3DS bisa dipastikan akan mengalami kasus tersebut karena prinsip yang berbeda dengan program-program windows lainnya.

Cara yang biasa digunakan untuk meng-copy objek dari file lain adalah dengan menggunakan fasilitas "Merge". Fasilitas ini bisa dibilang sangat powerfull karena bisa memilih sebagian objek atau seluruh objek yang ada pada file lain, termasuk berbagai modifiernya.

Sarat-sarat yang diperlukan untuk mempermudah proses "Merge" ini antara lain :

Biasakan membuat tiap objek dengan nama unik yang sesuai dan mudah diingat. Misal objek kursi dengan nama kursi dsb.

Biasakan mengelompokkan sebuah objek yang terdiri dari beberapa objek kecil kedalam satu group atau sekalian kedalam satu objek.

Langkah-langkah dalam melakukan "merge" antara lain :.

Pilih di menu fasilitas "merge" dari menu bar - File - Merge.



Setelah itu akan keluar kotak dialog seperti dibawah ini.



Cari dan pilih file yang memiliki objek yang akan di-copy ke file yang sedang aktif. Setelah itu klik open. Maka akan muncul kotak dialog seperti berikut.



Pada kotak dialog ini, terdapat pilihan objek-objek yang terdapat pada file tersebut. Mulai dari geometri, Light, dsb. Pemilihan objek tidak terbatas cuma satu objek, kita bisa memilih lebih dari satu objek dengan menahan tombol "ctrl" dan klik objek-objek yang diinginkan atau klik-drag pada list objek yang tersedia. Terakhir, klik Ok.

No comments: