Friday 25 July 2008

Toyota Belum Yakin Gunakan F1 Hybrid Musim 2009

Anton Suhartono - Okezone

PARIS - Tim Toyota Formula 1 belum yakin akan menggunakan mesin hybrid pada mobil F1-nya mulai musim 2009. Sejauh ini Tim lain sudah mengumukan akan menggunakan Kinetic Energy Recovery Systems (KERS) mulai musim kompetisi 2009.

Dengan KERS, energi listrik dihasilkan dari proses regenerative braking atau saat pedal gas diinjak. Listrik disimpan dalam baterai untuk menambah tenaga mesin. Federasi Olahraga Automotif Internasional, FIA mewajibkan seluruh kendaraan yang berlaga di ajang F1, menggunakan teknologi ini mulai 2013. Saat ini, tim Honda dan BMW sudah yakin mulai menggunakan KERS pada musim tahun depan.

Sebelumnya, tim Renault Red Bull pernah mengalami insiden dengan KERS saat diuji coba di pabriknya. Selain itu, seorang tim mekanik BMW Sauber juga terluka lantaran tersengat listrik saat menyentuh bodi mobil yang sedang diuji coba. Kejadian ini menjadi alasan mengapa Howett pesimistis, penggunaan KERS sudah aman saat digunakan pada musim depan.

"Ini bisa berisiko membahayakan orang lain. Saat ini kami masih berupaya mengembangkan sistem pengamanannya dan sejauh ini belum hasilnya belum terlihat," kata Howett kepada Auto Sport yang dilansir Jum'at (25/7/2008).

Menurutnya saat ini belum ada pengaman untuk baterai jika terbakar. Belum lagi tegangan yang dihasilkan sangat besar untuk mendorong mobil. Dan ini harus diimbangi dengan perisapan infrastruktur yang memadai, termasuk pelatihan penanggulangan kebakaran di sirkuit.

Berbeda dengan tim Honda. Sebagai head principal Honda Team, Ross Brawn yakin KERS bisa mulai digunakan pada mobil F1 Honda tahun depan. Pihaknya yakin Honda akan menjadi tim pertama yang menggunakan KERS.

"Mobil kami sudah didesain menggunakan KERS dan sesuai uji coba hasilnya cukup baik. Kami juga terus melihat perkembangannya," kata Brawn.
(ton)

Sumber :
www.okezone.com

No comments: