Sunday 24 August 2008

Duel 'Memalukan' Massa dengan Sutil

Doni Wahyudi - detiksport


Reuters/Heino Kalis
Valencia - Felipe Massa menyalahkan Adrian Sutil dalam insiden di pitlane yang berujung sanksi denda padanya. Sang pemenang GP Eropa itu pun menyebut duel tersebut sebagai memalukan.

Saat akan keluar dari pit stop keduanya di lap 37, Massa nyaris bersenggolan dengan Suti. Pembalap Force India itu datang dari arah belakang setelah lebih dulu menyelesaikan pit stopnya.

Alhasil F2008 dan VJM-01 sempat bertarung wheel on wheel hingga akhirnya pitlane menyusut menjadi satu jalur jelang kembali ke lintasan. Adalah Massa yang terpaksa mengalah dengan memperlambat kendarannya untuk membiarkan Sutil masuk trek lebih dulu.

"Saya pikir itu bukan tindakan yang cukup pintar dari dia (Sutil), karena biarpun dia keluar (pitlane) lebih dulu dari saya maka nantinya dia harus memberi saya jalan (karena akan overlap). Jadi itu sedikit memalukan untuk bertarung dengannya di pit lane," ungkap Massa di ITV.

Akibat insiden tersebut Massa dijatuhi denda 10 ribu euro atau sekitar Rp 136 juta. Sanksi yang jumlahnya tak seberapa mengingat sempat muncul kekhawatiran kalau kemenangannya bakal dicabut.

"Saya berhenti di belakangnya di pit stop dan melaju bersamaan. Jadi saat dia melewati saya (bersamaan) dengan kepergian saya dari pit, jadi kami melaju bersebelahan. Tapi, jelas, saya yang memimpin dan dia adalah mobil yang akan di-overlap," pungkas sang juara GP Eropa yang kini punya koleksi 64 poin dan duduk di posisi dua klasemen pembalap itu. ( din / ian )

Sumber : Detiksport.com

No comments: