Monday 1 December 2008

IM2 Broom!! Unlimited (review)

Produk keluaran Indosat Mega Media ini secara deskriptif dapat digambarkan sebagai sebuah kartu prabayar khusus untuk penggunaan internet unlimited* dengan biaya 100 ribu/bulan.
Baca di sini

Kelebihan :
- Mobile, bisa daipakai di mana saja selama ada sinyal indosat
- Prabayar, gak suka tinggal buang
- Relatif murah, hanya dengan 100 rb per bulan
- Koneksi relatif cepat, dengan rata-rata 256 kbps atau setara dengan 5x dial up
- Kecepatan relatif stabil, pagi, siang, sore, malam tetap di kisaran 200-340 kbps
- Voucher isi ulang mudah didapat (menggunakan voucher IM3 atau Mentari)
- Dapat dijalankan melalui HP karena berupa sim card (gprs, umts atau hsdpa)
- Koneksi relatif lancar dan tidak mudah putus

Kekurangan :
- Tidak bisa melakukan atau menerima Voice Call
- Tidak bisa mengirim dan menerima sms
- Setelah kuota 2GB, kecepatan turun sampai 64 kbps (lebih cepat dari dial up)
- Pengisian voucher pada masa tenggang tidak menambah masa aktif. lihat info

Sasaran Pengguna :
Cocok bagi mereka yang biasa menggunakan internet secara wajar, seperti melakukan browsing, email, edit blog, melihat film di youtube, dan sedikit melakukan download film, mp3 atau software.
Tidak cocok bagi pengguna internet yang biasa menggunakan internet hanya dari HP atau PDA
Tidak cocok bagi mereka yang biasa menggunakan internet untuk mengunduh file (film, mp3 dan software) dalam jumlah besar.




Aktivasi dan setting
Starter pack saya beli di toko koepoe-koepoe, Mall ambasador, seharga 150.000 termasuk pulsa 100.000 (untuk pemakaian 1 bulan kedepan). Aktivasi dilakukan oleh pihak toko dengan meminjam KTP saya dan menanyakan username serta password yang akan digunakan.
Setelah proses aktivasi selesai, selanjutnya melakukan "penyetingan" pada hp yang akan saya gunakan sebagai modem (Sony Ericsson K618i dan K800i). Intinya untuk melakukan setting internet IM2 pada Sony Ericsson K618i atau K800i cukup dengan membuat profile baru di "data comm" dan internet setting dengan rincian sebagai berikut :

Data Comm > Data accounts :
Profile Name : IM2
APN : indosatm2
username : sesuai saat proses aktivasi
password : sesuai saat proses aktivasi

Internet Setting > Internet Profiles :
Profile Name : IM2
Connect using : IM2

Internet Setting > Setting for Java :
Connect using : IM2

Steraming Setting :
Connect using : IM2

USB > USB Internet > Turn On

USB > USB Internet > USB data accounts :
Connect using : IM2

Pengujian
Setelah melakukan semaua setting diatas, sekarang saatnya pengujian. Sambungkan HP menggunakan kabel data usb ke komputer. Untuk sistem windows perlu instalasi driver sony ericsson terlebih dahulu. Untuk linux (Blankon 4, Ubuntu 8.10, puppy linux 4.1) bisa langsung jalan.

Pada awal pemakaian (17 oktober 2008) sempat kaget juga karena kecepatan download dari server luar cuma berkisar di 3 KB/s (24 kbps). Namun ternyata kesalahan sesaat. Keesokan harinya (sampai saat ini) kecepatan download stabil di kisaran 25 - 40 KB/s (200 - 320 kbps)

Pengujian menggunakan situs http://speedtest.net/ didapatkan hasil rata-rata download 250 kbps dengan rata-rata upload 50 kbps.

Kecepatan download film dari situs http://www.indowebster.com/ menggunakan software DAP berada di kisaran 25 - 40 KB/s (200 - 320 kbps)

Hasil dari beberapa kali pengujian



Kesimpulan
Dengan biaya Rp. 100 ribu per bulan atau kalau dibagi rata-rata Rp.3.333 perhari, IM2 Broom!!! unlimited bisa dikatakan sebagai solusi internet yang cukup hemat bagi pemakai rumahan. Dengan kuota 2Gb per bulan (meskipun setelah over kuota internet masih bisa jalan) atau 66 Mb perhari, rasanya cukup bagi pemakai yang biasa menggunakan internet untuk keperluan yang wajar seperti browsing, email, edit blog, melihat film di youtube, dan sedikit melakukan download film, mp3 atau software. Namun akan dirasa sangat kurang bagi mereka yang terbiasa melakukan download film, mp3 dan software dalam jumhah besar. Dan bagi mereka yang terbiasa menggunakan internet hanya dari perangkat mobile seperti HP atau PDA, kuota 2Gb akan terasa sangat berlebih.

danny 2008

5 comments:

Anonymous said...

wah emang sangat ramah dan tamah di store koepoekoepoe.com dari pelayanan dan salah satu karyawatinya juga ada yg cantik :D

hehehe iya mas waktu itu saya beli prepaid im2 memang langsung di setting sama karyawannya dan gitu dia bersedia untuk mengaktivasi im2 prepaid yg unlimited dan kebetulan juga hp saya N95 lsg jreeng setting di hp dan notebook lsg bisa jalan dgn software pc suite di sinkronisasi.

padahal mereka jual modem tapi yg saya salut beliau menawarkan alternatif dan solusi untuk para pemakainya dan tentunya saya.

sungguh sangat arif di sana para karyawan dan karyawatinya koepoekoepoe.com

cihuiii bisa berinternetan murah meriah euyyyyy di kamar.

Randa said...

hmmm... kalo dah over 2GB diturunin speed nya... dipake main game online bagus gak yah ini? :D

danny' Blog said...

Waduh, gak pernah main game online nih.. Kalo main game online pake dialup telkomnet instan bisa gak? Kalo bisa, berarti tetap aman dengan kecepatan 64 kbps. Sebab kecepatan telkomnet instan maksimal cuma 56 kbps.

Anonymous said...

bos, tolong dijelasin lagi dong setting pake K618inya...
tadi dah tak praktekin persis spt yg ada tp koq tetap ga mo konek ya?
trus perlu masuk ke sony ericsson pc suite lg ga?

danny' Blog said...

Pertama mungkin setting-nya ada yang gak beres (username, password,dll)
Coba test dulu pake browser internalnya K618, kalo udah bisa connect, berarti settingan gak ada masalah.

Kemungkinan kedua Driver Modem K618 belum ter-install. Sebenarnya gak perlu PC Suite, cukup driver aja.

Kemungkinan lain Local area connection masih di-disable. Secara default, di network connection akan muncul local area connection baru, dan biasanya sudah enable. Dalam beberapa kasus ada yang masih di-disable, sebaiknya di cek dulu.