Tuesday 30 December 2008

Indosat Voucher gprs, internet jadi lebih mudah..!! (review)

Beberapa waktu yang lalu tepatnya pada tanggal 25 November 2008, Indosat kembali meluncurkan paket internet, kali ini melalui produk selular gsm pra bayarnya, yaitu IM3 dan Mentari. Paket ini menggunakan type voucher baru, yaitu voucher gprs yang khusus untuk penggunaan internet (transaksi data) dengan memanfaatkan jaringan 3G yang ada.

Kelebihan :
- Mobile, bisa daipakai di mana saja selama ada sinyal indosat
- Prabayar, gak perlu takut masalah tagihan.
- Relatif murah, hanya dengan Rp. 5.000,- untuk 250 menit pemakaian.
- Secara teoritis, koneksi relatif cepat, dengan batasan 256 kbps,
walaupun pada prakteknya hanya berkisar di 128 kbps.
- Kecepatan relatif stabil, pagi, siang, sore, malam tetap di kisaran 120 kbps
- Dapat menggunakan HP dan Sim Card yang ada (IM3 dan Mentari)
- Koneksi relatif lancar dan tidak mudah putus
- Tetap bisa melakukan dan menerima Voice Call, sms, mms.

Kekurangan :
- Bandwidth yang didapat (128 kbps) tidak sesuai dengan janji (256 kbps)
- Pengisian voucher tidak dapat dilakukan di setiap counter pengisian pulsa
- Masa aktif tidak hanya 5 hari dan tidak mengikuti masa aktif regular.
- Sisa pulsa gprs akan hangus jika setelah 5 hari tidak di isi ulang.
Untuk lebih jelas bisa
lihat di sini.

Sasaran Pengguna :
Cocok bagi mereka yang biasa menggunakan internet dengan jumlah transaksi data cukup besar, seperti melakukan browsing, email, edit blog, dan melakukan download film, mp3 atau software.
Cocok bagi mereka yang suka mendownload berbagai stuff yang ada di internet
Tidak cocok bagi pengguna internet yang biasa menggunakan internet hanya dari HP atau PDA
Tidak cocok bagi mereka yang biasa menggunakan internet hanya untuk chatting.

Hunting Voucher dan setting
Dua hari setelah informasi lounching indosat gprs coucher, saya coba hunting voucher gprs tersebut. Ternyata sangat sulit mendapatkannya. dari 4 kios pengisian voucher HP, saya tidak mendapatkan sama sekali yang mengenal voucher tersebut. Gilanya lagi saat saya coba ke galeri indosat, pada hari yang sama, para "CS" juga belum ada yang kenal program ini. Ya, inilah Indonesia, apa boleh buat. Perburuan saya lanjutkan, akhirnya menemukan 1 kios kecil yang mengenal voucher ini. Finally, Thank's God. Sayangnya voucher dengan nominal Rp. 5.000,- dijual seharga Rp. 7.000,-. Gila, selisihnya 40% sendiri, tapi oke lah, dengan 7.000 bisa internetan 4 jam 10 menit, masih tergolong murah kalau dibandingkan ke warnet di Jakarta yang rata-rata Rp. 5.000 per jam.

Setelah mendapatkan voucher, selanjutnya melakukan "penyetingan" pada hp yang akan saya gunakan sebagai modem (Sony Ericsson K618i dan K800i). Intinya cukup membuat profile baru di "data comm dan internet setting dengan rincian sebagai berikut :

Data Comm > Data accounts :
Profile Name : Time Base (profile name terserah masing-masing)
APN : indosatgprs
username : indosat@durasi
password : indosat@durasi

Internet Setting > Internet Profiles :
Profile Name : Time Base
Connect using : Time Base

Internet Setting > Setting for Java :
Connect using : Time Base

Steraming Setting :
Connect using :Time Base

USB > USB Internet > Turn On

USB > USB Internet > USB data accounts :
Connect using : Time Base

Pengujian
Setelah melakukan semaua setting diatas, sekarang saatnya pengujian. Sambungkan HP menggunakan kabel data usb ke komputer. Untuk sistem windows perlu instalasi driver sony ericsson terlebih dahulu. Untuk linux (Blankon 4, Ubuntu 8.10, puppy linux 4.1) bisa langsung jalan.

Pada pemakaian perdana (27 November 2008). Awalnya saya berharap bisa mendapatkan kecepatan seperti yang di janjikan yaitu 256 kbps, tapi pada prakteknya saya hanya mendapatkan bandwidth sebesar 120 kbps. Bandwidth sama persis dengan yang saya dapatkan saat menggunakan IM3 atau Mentari dengan voucher regular. Dengan 120 kbps, berarti kita bisa mendownload dengan kecepatan rat-rata 15 KB/detik. Karena kurang puas dengan hasil yang saya dapatkan, saya coba beberapa kali pengujian menggunakan perangkat (HP) yang berbeda-beda (SE K618i, SE K800i, LG KU 250), bahkan saya coba juga menggunakan 2 kartu IM3 yang berbeda dan 1 kartu Mentari yang masih benar-benar baru. Namun hasil yang didapatkan tetap di kisaran 120 kbps.

Seperti biasa, pengujian menggunakan situs http://speedtest.net didapatkan hasil seperti berikut :

Pengujian menggukanan IM3 dan SE K618i :


Pengujian menggunakan Mentari dan SE K618i :


Pengujian menggunakan IM3 dan K800i :


Pengujian menggunakan Mentari dan K800i :



Pengujian menggunakan IM3 dan LG KU250 :


Bisa dilihat dari beberapa kali pengujian di atas, rata-rata bandwidth yang saya dapatkan hanya dikisaran 120 kbps. Dengan bandwidth sebesar ini, sangat tidak nyaman saat kita memuka video streaming seperti youtube. Namun demikian, kalau dihitung-hitung besarnya file yang bisa kita download dalam 1 jam pemakaian mencapai 54 MB dan bila 1 voucher gprs seharga Rp. 7.000 (250 menit) kita bisa dapatkan file sebesar 225 MB, dengan catatan proses download dilakukan sesaat seelah koneksi internet disambungkan. Untuk memudahkan perhitungan saya coba buatkan tabel sebagai berikut :

Tabel kanan merupakan tabel dengan kondisi edeal seperti yang dijanjikan oleh pihak indosat, sedangkan tabel kiri merupakan tabel hasil pengujian. Tabel kanan bisa kita abaikan, dari tabel kiri bisa dilihat, dengan biaya Rp. 98.000 atau selama 3.500 menit pemakaian, kita bisa dapatkan file sebesar 3 GB. Wow!!

Kesimpulan
Dengan hanya Rp 7.000 (belakangan saya dapatkan beberapa kios yang menjual voucher tersebut seharga Rp. 6.000,-), tanpa harus ganti kartu (bagi pelanggan IM3 dan Mentari), dan tanpa harus ganti HP (bagi mereka yang telah memiliki HP 3G), kita bisa ber-internet-an selama 4 jam 10 menit. Walau pun bandwidth hanya dibatasi sekitar 120 kbps, namun bila kita kita gunakan untuk men-download file, kita bisa dapatkan nilai lebih dari paket ini. Selain itu saat ingin digunakan sebagai media chatting atau bila ingin ber-internet-an menggunakan HP, bisa langsung di-switch ke profile standar indosat gprs dengan biaya Rp. 1,-/kb. Dengan demikian paket ini bisa dijadikan sebagai solusi internet yang cukup hemat dan praktis bagi pemakai individu.
Sebagai tambahan, saya pernah menguji paket ini menggunakan HP Samsung U700 dan Samsung I600 (perangkat hsdpa), bandwidth yang saya dapatkan bisa mencapai rata-rata 256 kbps.

danny 2008

4 comments:

yudha said...

thanks mas buat infonya, cuma saya punya masalah nih dengan settingannya . saya pake LG KU250, cuma buat di PC kok koneksi gagal terus ya. saya minta tolong gimana settingan yang bener buat di hp dan di PC supaya saya bisa connect internet di komputer dengan lancar.oya saya pake IM3. makasih mas buat bantuannya.

danny' Blog said...

Kebetulan kemarin test LG KU250 pake HP pinjaman, tanpa setting apapun di HP (secara emang gak nyoba ol di HP). Cuma pake PC-Suite-nya aja. Kalo gak salah, tinggal memasukan data-data seperti APN, Username, Password dan Dialup number-nya aja di kotak yang sudah tersedia. Setelah itu tinggal connect.
Lancar juga kok.

Sebagai catatan, katanya LG KU250 belum support kalo pake Vista, maksimal pake XP sp2.

Sebenarnya bisa juga pake cara manual. Saya juga sempat coba pake cara manual, hasilnya sama saja. Untuk cara manual ini, driver saya cari di Mbah Google pake key word "LG USB Modem driver". Filenya kecil, tanpa perlu pake PC Suite. Tapi secara belum dapet lagi LG KU250-nya, jadi belum bisa jelasin secara terperinci. Insya Allah, nanti kalo udah dapat pinjaman KU250 lagi, saya coba posting langkah-langkahnya secara lebih detail.

Semoga bermanfaat.

Nanom said...

Mas,
saya mau tanya nih, apa Indosat yang ini bisa di pakai di modemnya IndosatM2 ga yah..?
saya udah coba, tapi masih ga bisa juga.

Satu lagi nih Mas, saya bingung mas bilang bandwidthnya 120kbps, trus bisa download sekitar 15kbps.
Untuk dapat angka 15kbps itu bagaimana perhitungannya ya mas, soalnya saya penasaran banget pengen tau.

Makasih ya

danny' Blog said...

Secara sekitar saya gak ada yang punya modem m2, jadi belum bisa jawab nih mas. Yang saya tau, modem m2 di lock oleh pihak indosat, tapi saya gak tau nih dikunci cuma buat kartu M2 atau dikunci cuma buat kartu Indosat. Teorinya kalo bisa buat semua indosat, berarti cuma tinggal ganti APN, Usermane, Password dan dialup number-nya aja. (kalo gak salah dial up numbernya M2 *99# atau *99***1#, sedangkan paket ini cuma bisa pake *99***1#)

Satunya lagi nih. Sebenarnya 120 kbps tuh maksudnya 120 kilo bit per second. sedangkan 15 KB/s ("KB" dengan huruf besar) maksudnya 15 kilo byte per second. Sedangkan 1 byte = 8 bit. Jadi jangan sampe salah baca iklan ya.. :D

semoga bermanfaat deh..
)|(